SOLOPOS.COM - Ilustrasi sekolah. (Freepik.com)

Solopos.com, BANTUL – Jadwal operasional dua unit bus sekolah baru di Kabupaten Bantul kembali dimundurkan. Rencananya, bus sekolah tersebut akan mulai dilaunching dan beroperasi pada September 2024.

Awalnya, Dishub Bantul akan mulai mengoperasikan dua bus sekolah berwarna putih dan kuning tersebut pada Agustus 2024.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

“Jadi nanti launching bus dilakukan saat peringatan Hari Perhubungan Nasional, September mendatang,” kata Kepala Bidang Angkutan Dishub Bantul, Toto Pamudji Rahardjo ditemui di kantornya, Senin (24/6/2024).

Dia menyampaikan mundurnya jadwal operasional dua bus bantuan dari Kementerian Perhubungan itu akan dimanfaatkan untuk menguji rute bus.

Dua unit bus berbahan bakar solar tersebut akan menempuh jalur dari SMP Pangudi Luhur di Sedayu melewati Kapanewon Pajangan, Pandak, dan Bantul. Adapun waktu operasional akan dilakukan mulai sebelum jam masuk sekolah hingga pulang sekolah.

“Jadi ada 13 sekolah baik SMP maupun SMA yang dilalui. Tapi, kami akan lebih fokus ke SMP, karena mereka kan belom boleh menggunakan sepeda motor. Untuk kapasitas per bus sebanyak 25 tempat duduk. Nanti dua bus akan beroperasional disana,” lanjut Toto.

Kepala Dishub Bantul, Singgih Riyadi, mengatakan pengoperasionalan bus sekolah untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar. Selain itu, keberadaan bus sekolah juga untuk mengurangi kemacetan pada jam-jam sibuk akibat maraknya penggunaan sepeda motor.

“Dengan jarak tempuh yang ada, kami yakin siswa sekolah yang ada di rute tersebut akan mampu terlayani,” ucap Singgih.

Menurut Singgih, sementara pihaknya hanya akan mengoperasionalkan dua unit bus sekolah. Dishub akan menambah rute dan armada untuk bus sekolah pada 2025. Sebab, ada keterbatasan anggaran operasional dan armada membuat rute bus sekolah sementara hanya untuk wilayah Bantul barat.

“Sejatinya kami ingin. Hanya saja, anggarannya terbatas. Sehingga tidak bisa direalisasikan,” kata Singgih.

Ketua Komisi D DPRD Bantul Suratman berharap agar ke depan rute dan jumlah armada bus sekolah di Bantul bisa ditambah. Oleh karena itu, Komisi D telah berkoordinasi dengan Komisi C agar ada anggaran untuk pengadaan armada bus sekolah pada 2025.

Apalagi, kata Suratman, pihaknya melihat keberadaan bus sekolah juga dibutuhkan oleh siswa di kawasan Bantul timur.

“Harapannya siswa yang utamanya tinggal di daerah pegunungan bisa dilayani dengan bus sekolah,” papar Suratman.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul 2 Bus Sekolah Mulai Beroperasi pada September Mendatang, Berikut Rencana Jalurnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya