SOLOPOS.COM - Ilustrasi siswa SMP. (Freepik.com)

Solopos.com, JOGJA – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta menyediakan kuota untuk pelajar dari luar provinsi yang akan bersekolah di SMA/SMK di DIY. Namun, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi bagi calon pelajar.

Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah (ASPD) menjadi salah syarat dalam pelaksanaan Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA/SMK di DIY.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Adapun jadwal pelaksanaan ASPD dirilis sebagai persiapan para siswa, khususnya calon siswa dari luar DIY. Berdasarkan laman resmi Disdikpora DIY, ASPD ini dilakukan untuk mendapatkan data sekunder perihal peningkatan mutu pendidikan.

Selain dirancang untuk menghasilkan informasi akurat tentang perkembangan mutu dari waktu ke waktu dan kesenjangan antarbagian dalam sistem pendidikan dalam rangka memperbaiki kualitas belajar mengajar dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Berikut ini adalah tahapan ASPD untuk siswa dari luar DIY dikutip dari laman resmi Disdikpora DIY:

Link Pendaftaran ASPD

Daring melalui laman https://aspd.jogjacbt.web.id

Waktu pendaftaran : 15 – 24 Mei 2024

Syarat Pendaftaran ASPD Bagi Siswa di Luar DIY

  1. Mengunggah Surat Keterangan yang berisi keterangan bahwa peserta merupakan siswa dari sekolah dari luar DIY atau Kartu Pelajar dengan format file PDF.
  2. Mengunduh Surat Kesanggupan Hadir dalam pelaksanaan ASPD di DIY, mengisi (tulisan tangan), menandatangani dan memindai (scan) kemudian mengunggah kembali pada laman pendftaran dengan format file PDF.

Lokasi Pelaksanaan ASPD

Pendaftar yang sudah diverifikasi berhak memilih lokasi pelaksanaan ASPD yang sudah ditentukan oleh panitia penyelenggara.

Jadwal Pelaksanaan ASPD Lulusan Luar DIY

Kamis, 30 Mei 2024

Pukul 08.00 WIB-10.00 WIB Literasi Membaca

Pukul 10.30 WIB-12.30 WIB Literasi Numerik

Jum’at, 31 Mei 2024

Pukul 08.00 WIB-10.00 WIB Literasi Sain

Pengumuman Hasil ASPD

Hasil ASPD bagi siswa lulusan luar DIY bisa di dapatkan melalui akun pendaftaran ASPD masing-masing pada tanggal 10 Juni 2024.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Syarat Siswa Luar DIY Daftar PBDB SMA, Link Pendaftaran dan Jadwal Pelaksanaan ASPD 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya