SOLOPOS.COM - Pengunjung menyaksikan koleksi tanaman hias di Aglaonema Park, Tridadi, Sleman, Sabtu (22/6/2024). - Istimewa.

Solopos.com, JOGJA — Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar, meresmikan destinasi wisata Aglaonema Park di Desa Tridadi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Sabtu (22/6/2024). Destinasi wisata yang digagas BUMDes Tridadi ini menyuguhkan tanaman aglaonema berbagai jenis dan diklaim sebagai yang terbesar di Indonesia, bahkan di dunia.

Kawasan wisata ini berada satu kompleks dengan Puri Mataram yang juga dikelola BUMDesa setempat. Destinasi Aglaonema Park ini selain menjadi wisata edukasi juga menyuguhkan spot Instagramable hasil inovasi berbasis masyarakat.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

“Karena itulah saya hadir di Desa Tridadi ini mengajak pencinta tanaman, pencinta lingkungan, pegiat wisata untuk mendukung Aglaonema Park ini agar terus berkembang, tidak hanya menjadi ikon Sleman tetapi Indonesia,” kata politikus PKB ini.

Halim menilai BUMDes yang memiliki inovasi seperti Desa Tridadi menurutnya layak didukung. Apalagi keberadaan Aglaonema Park mnghadirkan suasana baru dengan menyajikan 209 spesimen yang menurutnya terbesar dan terlengkap tidak hanya di Indonesia tetapi dunia.

“Aglaonema Park ini satu-satunya, saya lihat di sini saja sudah ada 209 spesimen. Ini mungkin terbesar terbanyak, tidak hanya di Indonesia mungkin dunia,” ujarnya.

Patung

Direkur BUMDes Tridadi Makmur R. Agus Choliq menambahkan dengan adanya 209 spesimen, wisatawan dapat menemukan berbagai varian aglaonema yang indah, langka dan unik. Dengan luas lahan lebih dari satu hektare, destinasi tersebut memang disebut-sebut terbesar dan menyajikan tanaman aglaonema terlengkap di Indonesia.

“Bunga Aglaonema ini dibudidayaan sendiri. Tentu menjadi destinasi wisata yang menarik, selain bisa berbelanja tanaman, pengunjung bisa menikmati suasana di tengah tanaman Aglaonema yang tidak panas dan banyak spot foto menarik,” ujarnya.

Salah satu yang menarik perhatian pengunjung adalah berdirinya sebuah patung di tengah taman. Patung tersebut adalah sosok Greg Hambali yang dikenal sebagai Bapak Aglonema Indonesia yang menghasilkan ratusan varietas Aglaonema melalui penelitiannya.

“Keberadaan patung ini juga bisa menjadi edukasi bagi pengunjung, mendapatkan informasi. Kami ingin memberikan suasana berbeda di destinasi ini,” katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengapresiasi inovasli BUMDes Tridadi Makmur yang membangun destinasi Aglaonema Park melalui potensi lokal. Ia berharap inovasi tersebut bisa diikuti oleh kalurahan lain di Sleman dalam upaya menghadirkan produk dan layanan menarik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemkab Sleman, lanjutnya siap berkolaborasi dengan kalurahan dan berbagai pihak untuk meningkatkan pariwisata.

“Inovasi ini sangat menarik karena menghadirkan potensi lokal menjadi destinasi yang indah, menarik dan menjadi tujuan wisata baru bagi wisatawan di Sleman, khususnya pecinta tanaman hias,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya