SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan kepala daerah. (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Solopos.com, KULONPROGO – Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sragem, Marija, diusung Partai Gerindra sebagai bakal calon bupati Kulonprogo pada Pilkada 2024.

Setelah pensiun dari PNS, Marija saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Gerindra Daerah Istimewa Yogyakarta.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

“Calon yang mengikuti mekanisme dari aturan partai dari bawah dan juga satu-satunya internal Partai Gerindra adalah Marija. Semua kader di tingkat bawah hingga pengurus partai sepakat mengusung Marija,” kata Ketua DPC Gerindra Kulonprogo, Lajiyo Yok Mulyono, Rabu (12/6/2024).

Selain itu, lanjut Lajiyo, DPD Gerindra DIY juga sudah menyetujui Marija diusung dalam Pilkada Serentak di Kulonprogo pada 27 November 2024.

“Dari monitoring provinsi sudah menyampaikan untuk internal partai, yakni Marija,” katanya yang dikutip dari Antara.

Untuk memenangkan Pilkada 2024 ini, lanjut Lajiyo, Gerindra Kulonprogo membangun koalisi besar dengan enam partai yang mendapat kursi di DPRD Kulonprogo. Enam partai ini tergabung dalam koalisi besar untuk Pilkada 2024 di Kulonprogo. Adapun parpol yang berkoalisi dengan Gerindra dalam Pilkada 2024, yakni PPP, Golkar, PKS, NasDem, PKB, dan PAN.

“Kami sudah menandatangani perjanjian koalisi dengan enam parpol untuk mengusung bakal calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Kulonprogo 27 November 2024,” katanya.

Terkait bakal calon wakil bupati, Lajiyo mengatakan akan dibahas dengan koalisi besar. Kandidat yang diusung harus hasil kesepakatan bersama antarpartai yang tergabung dalam koalisi besar.

“Saat ini, kami sedang membahasnya dengan partai koalisi,” kata dia.

Ketua DPC PKB Kulonprogo, Sihabudin, mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan Gerinda dan menemukan kesepahaman dan kesepakatan untuk Kulonprogo yang maju. Banyak kesamaan antara PKB dan Gerindra dalam rangka percepatan pembangunan.

“Kulonprogo membutuhkan sosok yang kuat dalam perencanaan dan hubungan antara daerah dengan pusat. Harapannya, Kulonprogo berkembang pesat, pembangunan di semua sektor dapat dinikmati masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya