SOLOPOS.COM - Ilustrasi ular. (Freepik)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL – Warga di Padukuhan Komorosari II, Kalurahan Piyaman, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, digegerkan dengan seekor ular kobra yang memiliki panjang sekitar satu meter. Ular berbisa itu masuk di rumah salah satu warga di Padukuhan Komorosari II.

“Benar. Rumahnya Pak Waluyo yang dimasuki kobra kemarin itu,” kata Kasubag Tata Usaha UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Gunungkidul, Ngadiyono, Kamis (30/5/2024).

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Ngadiyono menceritakan keberadaan ular tersebut awalnya diketahui oleh istri Waluyo saat hendak mencuci piring. Ternyata, ular kobran tersebut bersembunyi di belakang gentong.

“Yang bersangkutan kemudian melaporkan ke Damkar. Evakuasi dilakukan oleh regu III,” katanya.

Menurut Ngadiyono, ular cenderung akan masuk ke rumah karena mencari mangsa seperti tikus. Sebab itu, cara untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah adalah dengan menghilangkan sumber makanan.

Untuk itu, pemilik rumah harus melakukan pembersihan sarang tikus dan keberadaan tikus di dalam rumah.

“Paling banyak memang disebabkan sedang mencari mangsa seperti tikus,” ucapnya.

Adapun sepanjang 2023, UPT Damkar Gunungkidul telah mengevakuasi 41 ular. Jumlah tersebut diklaim meningkat dibandingkan 2022. Ular yang dievakuasi memiliki panjang dan ukuran yang bermacam-macam, begitupun dengan jenisnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Kobra Sepanjang 1 Meter Masuk Rumah Warga Wonosari, Sembunyi di Belakang Gentong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya