SOLOPOS.COM - Pilkada Serentak 2024. (ANTARA/Afif)

Solopos.com, SLEMAN — Setelah mendaftar di Partai Nasdem dan PKB, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo resmi mendaftar pada penjaringan bakal calon bupati di PDI Perjuangan Sleman. Nama Kustini, menyusul mantan Sekda Sleman, Harda Kiswaya dan Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa yang terlebih dahulu mendaftar di PDIP Sleman.

Kini, ketiga orang yang pernah duduk bersama-sama di pemerintahan tersebut berebut rekomendasi bakal calon bupati dari PDIP.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Kustini didampingi sejumlah pimpinan DPD PAN Sleman mengumpulkan berkas formulir penjaringan bakal calon kepala daerah pada Jumat (17/5/2024) sore. “Kedatangan saya kesini untuk mengembalikan formulir kita ambil, ikut mendaftar untuk calon bupati di PDI Perjuangan,” kata Kustini usai mengumpulkan berkas.

Bukan tanpa alasan Kustini melamar di partai berlambang banteng ini. Pada Pilkada lalu, Kustini juga didukung PDI Perjuangan untuk melenggang di kursi Bupati yang dijabatnya saat ini.

“Kami merasa bahwa kami kemarin jadi bupati juga yang mengangkat kami adalah dari PDIP dan PAN, sehingga karena kami merasa kemarin jadi dari sana, makanya saya akan kembali PDI Perjuangan kalau memang itu direkomendasi,” ungkap Kustini.

PDI Perjuangan tak menjadi satu-satunya partai yang didaftar Kustini untuk melenggang di Pilkada mendatang. Sebelumnya Kustini juga telah melamar di Partai Nasdem dan PKB. Semuanya sama, Kustini mendaftar sebagai bakal calon bupati baik di Nasdem maupun PKB.

“Saya sudah ke PKB dan Nasdem yang kita sudah daftari. Tapi semua partai kita komunikasi, baik itu Gerindra, Golkar maupun PKS,” ujarnya

Ketua DPC PDIP Sleman, Koeswanto yang menerima dan mengecek langsung berkas pendaftaran Kustini meyakini dokumen yang dikumpulkan telah lengkap.

“Pada sore hari ini, bu Kustini Sri Purnomo mengembalikan formulir pendaftaran, saya yakin bahwa sudah dipenuhi masalah data bakal calon, baik profil, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan dan sebagainya,”  ungkapnya

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sleman, Gustan Ganda mengungkapkan hingga Jumat (17/5/2024) sudah ada tiga nama yang mendaftar di penjaringan bakal calon kepala daerah lewat PDI Perjuangan Sleman.

Ketiga nama itu yakni mantan Sekda Sleman, Harda Kiswaya yang resmi mendaftar di hari pertama pembukaan tepatnya pada Senin (29/4/2024).

Disusul Wakil Bupati Sleman yang juga kader PDI Perjuangan Sleman, Danang Maharsa yang mengumpulkan berkas pada Kamis (9/5/2024).

Lalu ada nama Bupati petahana, Kustini Sri Purnomo yang mendaftar pada Jumat (17/5/2024). Ketiga nama ini pernah bersama-sama bekerja di pemerintahan.

Namun nama Harda Kiswaya telah pensiun beberapa waktu lalu, sehingga praktis hanya Kustini dan Danang yang kini masih aktif di pemerintahan.

“PDI Perjuangan sampai saat ini yang mendaftar tiga orang. Tiga-tiganya mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah [bupati] Kabupaten Sleman. Pertama adalah Harda Kiswaya, kedua Danang Maharsa, ketiga Kustini Sri Purnomo,” ucapnya.

Ganda mengatakan bila PDIP Sleman merasa terhormat kembali dipercaya Kustini dalam bakal penjaringan kepala daerah saat ini. “Jadi terus terang kami juga terhormat kepada beliau, karena kembali mempercayakan kepada PDIP sebagai kendaraan untuk maju lagi di Pilkada 2024,” tegasnya.

 

Berita ini telah ditayangkan di Harianjogja.com dengan judul “Pilkada Sleman: Kustini, Danang dan Harda Berebut Tiket dari PDIP”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya