SOLOPOS.COM - Suasana penyerahan sapi kurban milik Presiden Joko Widodo, Gubernur dan Wakil Gubernur DIY di Kompleks Kepatihan, Jumat (14/6/2024). - Harian Jogja/Yosef Leon

Solopos.com, JOGJA — Pemda DIY menyerahkan sapi kurban milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada takmir Masjid Al Huda di Pringtali, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, untuk disembelih saat perayaan Iduladha 1445 Hijriah. Seremonial penyerahan sapi berjenis Peranakan Ongole (PO) dengan berat nyaris 1 ton atau tepatnya seberat 934 kilogram (kg) itu dilaksanakan di Kompleks Kepatihan, Jumat (14/6/2024).

Plt. Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY, Sukamto, mengatakan pada perayaan Iduladha tahun ini Sekretariat Kepresidenan RI dan Pemda DIY telah selesai melaksanakan pengadaan bantuan hewan kurban baik dari Presiden maupun Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

“Adapun bantuan hewan kurban dari Bapak Presiden untuk DIY yang akan diserahkan hari ini berjumlah satu ekor sapi yang akan diserahkan prosesi penyembelihannya kepada takmir masjid Al Huda RT 50 / RW 12 Pringtali, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo,” katanya.

Sementara, bantuan hewan kurban dari Gubernur dan Wakil Gubernur DIY yang diserahkan berjumlah tujuh ekor sapi dan diserahkan prosesi penyembelihannya kepada takmir masjid Kagungan Dalem Masjid Gedhe Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat; takmir masjid Ageng Puro Pakualaman dan takmir masjid Diponegoro Balai Kota Jogja.

Kemudian juga kepada takmir masjid Ar Rohman, Jetis, Depok, Sendangsari, Minggir Sleman; takmir masjid Al Auliya’ Dingkikan, Argodadi, Sedayu, Bantul; takmir masjid Al Hidayah, Soka RT 03, Rw 08, Mertelu Gedangsari, Gunungkidul dan takmir masjid Al Huda, Ngangin angin, Banyuroto, Nanggulan.

“Semoga dengan melaksanakan kurban dengan baik dan sesuai tuntunan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam akan menghantarkan kita sekalian menjadi muslim yang muttaqiin,” katanya.

Ketua Takmir Masjid Al Huda Pringtali, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Syawal, mengatakan pihaknya dan masyarakat setempat mengucapkan terima kasih atas bantuan kurban yang diserahkan itu. “Semoga amal ibadahnya diterima Allah dan daging yang dikurbankan bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Syawal menerangkan sapi yang dikurbankan Jokowi itu rencananya bakal disembelih pada saat perayaan Iduladha mendatang. Pihaknya pun telah mendata jumlah penerima daging kurban baik dari desa setempat maupun desa lainnya yang tersebar di Kalurahan Jatimulyo. “Rencana kami bagi ke empat padukuhan atau empat masjid,” ujarnya.

Total nantinya ada dua ekor sapi, termasuk yang dikurbankan Presiden Jokowi dan empat ekor kambing yang akan disembelih di wilayah tersebut. Pihaknya pun telah mempersiapkan berbagai hal agar perayaan Iduladha mendatang berjalan lancar di masjid setempat. “Kami sudah persiapkan tempat penyembelihan, pembagian daging dan tenaga pengantar daging,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya