SOLOPOS.COM - Personel Polres Kulonprogo saat meninjau lokasi pengrusakantiang pembatas jalan di dekat Jembatan Sambiroto yang menghubungkan Kapanewon Pengasih dan Nanggulan. (Istimewa)

Solopos.com, KULONPROGO – Warga di Kalurahan Banyuroto, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo, digegerkan dengan aksi perusakan fasilitas umum oleh orang tak dikenal. Selain merusak 13 pembatas jalan, pelaku juga merusak tanaman milik petani di sekitar lokais.

Peristiwa itu terjadi di dekat Jembatan Sambiroto yang menghubungkan Pengasih dan Nanggulan. Diperkirakan peristiwa itu terjadi pada Kamis (20/6/2024) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Tak hanya merusak tiang pembatas jalan, pelaku juga membuang pupuk organik milik petani yang berada di area persawahan dekat Jembatan Sambiroto. Total ada lima karung pupuk organik yang dibuang ke selokan dekat jalan.

Tindakan perusakan juga tak sebatas itu, tanaman milik petani juga dirusak. Berupa tanaman kacang dan pohon pepaya yang ditanam petani dirusak oleh orang tak dikenal itu.

Kejadian itu mencuat setelah dilaporkan ke Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (LPMKal) Banyuroto pada Jumat (21/6/2024).

Ketua LPMKal Banyuroto, Bambang Nurcahyo yang menerima laporan tersebut langsung melaporkannya ke Polsek Nanggulan.

Setelah dilaporkan, personel Polsek Nanggulan langsung menuju lokasi kejadian. “Ada juga personil dari Polsek Pengasih,” kata Bambang pada Minggu (23/6/2024).

Bambang menduga tiang pembatas jalan yang dirusak itu untuk diambil besinya yang bernilai ekonomi. “Dugaannya seperti itu karena besi dari tiang pembatas jalan itu tidak ada, kemungkinan dirusak karena diambil besinya,” terangnya.

Penyelidikan kejadian tersebut masih dilakukan Polres Kulonprogo. Kapolres Kulonprogo AKBP Nunuk Setyowati menyebut masih mencari terduga pelaku yang merusak pembatas jalan tersebut.

Nunuk berpesan kepada masyarakat yang mengetahui terkait kejadian tersebut agar dapat menyampaikannya ke personelnya.

“Kejadiannya saat sepi, sekitar pukul 01.00 WIB, jadi bagi masyarakat yang tahu harap diinformasikan ke personel kami untuk membantu penyelidikan,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Geger! Belasan Tiang Pembatas hingga Tanaman Milik Petani di Perbatasan Nanggulan-Pengasih Dirusak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya