SOLOPOS.COM - Para pengantin menuntun kambing saat hendak melangsungkan ijab nikah di peternakan kambing Asia Goar Farm di Sabdodadi, Bantul, Selasa (4/6/2024) sore. (Harian Jogja/Jumali)

Solopos.com, BANTUL – Ada-ada saja cara orang dalam mengenang acara pernikahan secara unik dan menarik. Seperti empat pasangan pengantin di Kabupaten Bantul ini. Mereka menikah di peternakan kambing, Asia Goat Farm yang berlokasi di Keongan-Jogroho, Dukuh Sabdodadi, Bantul, Selasa (4/6/2024) sore.

Pernikahan di peternakan kambing tersebut diselenggarakan dalam rangka bulan Pancasila, Hari Lingkungan Hidup Sedunia, dan Iduladha 2024.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Pantauan Harianjogja.com, sebelum melangsungkan akad nikah, keempat pasang pengantin itu berjalan menuju lokasi akad dengan menuntun kambing.

Seusai menuntun kambing ke lokasi akad nikah, keempat pasangan tersebut kemudian duduk dan secara bergantian menjalani ijab kabul pernikahan dengan disaksikan oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih.

Ketua penyelenggara yang juga ketua Fortais Indonesia dan Nikah Bareng Nasional, Ryan Budi Nurhayanto, mengatakan keempat pasangan yang menikah kali ini adalah Mei Nurkhayani, 50, warga Kasihan dan Budi Santosa, 50, warga Srandakan, Bantul.

Lalu ada Mufidatun, 48, warga Kapanewon Bantul dan Paryanto, 51, warga Sewon, Bantul. Pasangan berikutnya ada Francisca Muryuwati, 39, warga Jetis, Kota Jogja dan Nanu Arianto, 40, warga Kraton, Kota Jogja.

“Terakhir, ada Martini, 52, warga Tugu, Kota Semarang dengan Pahrul Siagian, 37, warga Sewon, Bantul,” kata Ryan.

Menurut Ryan, berbeda dengan pernikahan pada umumnya, pernikahan kali ini sengaja digelar di peternakan kambing. Adapun tujuannya, adalah agar para pengantin mempunyai semangat syiar untuk mengajak berkurban sekaligus mencintai lingkungan.

“Di samping itu ke depan bisa berwirausaha,” lanjut Ryan.

Ryan mengaku sengaja menghadirkan masakan kepala kambing sebagai mas kawin pada pernikahan ini. Tujuannya, agar kuliner kepala kambing yang merupakan kuliner khas Bantul bisa lebih dikenal.

“Tidak hanya klathak, Bantul punya potensi tidak kalah untuk kuliner kepala kambing. Untuk itu kami kenalkan di sini,” jelas Ryan.

Sementara itu, salah satu pengantin, Budi Santosa, 50, mengaku sengaja mengikuti pernikahan yang digelar di peternakan kambing tersebut. Warga Srandakan itu mendaftar mengikuti kegiatan sejak dua pekan lalu.

“Karena konsepnya yang unik. Akhirnya saya ikut acara ini. Kebetulan memang saya sudah ada rencana nikah, setelah dengan pasangan saya berpacaran selama 2 tahun,” ucap Budi.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Unik, 4 Pasangan Pengantin di Bantul Menikah di Peternakan Kambing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya